Tujuan utama setiap nasabah perusahaan asuransi adalah mendapatkan klaim atas polisnya sendiri. Lalu bayangkan jika klaim asuransi tidak dapat diajukan karena nasabah asuransi tidak memahami prosedur yang harus dilakukan untuk klaim asuransi rumah
Setiap perusahaan asuransi tentunya memiliki prosedur tersendiri dalam penanganan klaim. Namun, ada langkah-langkah standar yang umumnya diterapkan pada pelanggan untuk klaim asuransi rumah. Untuk menerima pengaduan Anda, Anda harus mengikuti prosedur pengaduan.
Source : allianz
Cara mengajukan atau klaim asuransi rumah yang benar adalah:
- Jangan lupa untuk mengajukan klaim sebelum batas waktu .
Perusahaan asuransi biasanya memberikan batas waktu pengajuan klaim. Tenggat waktu ini bervariasi dari perusahaan ke perusahaan dan tergantung pada kontrak asuransi masing-masing perusahaan asuransi. Istilah ini tertulis dalam ketentuan asuransi, biasanya 7, 1 sampai 30 hari.
- Hubungi perusahaan asuransi Anda
Di sini Anda dapat mempelajari syarat dan tata cara klaim santunan sedetail mungkin. Tanyakan juga apakah komplain bisa dilakukan secara online, karena tentu lebih mudah dan murah dengan cara itu.
- Persiapkan dokumen yang diperlukan
- Setiap perusahaan asuransi biasanya memiliki persyaratan dokumen yang berbeda untuk memproses klaim. Namun, persyaratan dokumen standar berikut ditentukan: Rincian kejadian (tanggal kejadian, tempat, urutan kronologis), Daftar barang rusak dan kuitansi pembelian, Foto kerusakan, Perkiraan kerusakan, Surat Klaim Kehilangan Barang dari Polisi .
- Mengisi formulir klaim
Perusahaan asuransi biasanya menyediakan formulir klaim yang harus diisi oleh nasabah asuransi. Harap lengkapi formulir ini sejelas mungkin dan pastikan tidak ada detail yang terlewatkan. Informasi yang diperlukan biasanya mencakup informasi tentang risiko yang diasuransikan dan ditanggung.
Proses Klaim
Setelah Anda mengirimkan informasi, mengisi formulir dan dokumen sesuai dengan persyaratan mereka, proses klaim akan dialihkan ke Investigasi Lapangan. Pihak asuransi akan menunjuk penilai atau pemeriksa kerugian untuk menyelidiki kerugian yang Anda sebutkan dalam asuransi, dan Anda juga dapat mempercepat prosesnya dengan menyiapkan informasi yang mereka butuhkan nanti.
Bila gugatan dianggap sah. Penanggung menginformasikan kepada nasabah berapa besar santunan yang akan dibayarkan, yang menjadi tanggung jawab penanggung.
Maka tinggal menunggu sampai uang ganti rugi dibayarkan dan dikirim ke rekening. Biasanya pembayaran paling lambat 7 sampai 14 hari kerja.
Hal-hal yang harus dihindari agar klaim asuransi tidak ditolak
Perusahaan asuransi kita dapat menolak klaim asuransi, mengapa perusahaan asuransi dapat menolak klaim kita? Beberapa faktornya adalah:
- Manipulasi Dokumen
Tentu saja hal ini dilarang keras karena bersifat merusak diri sendiri dan dapat dituntut secara hukum. Oleh karena itu, isi dan lengkapi dokumen dengan sejujur mungkin agar tidak menimbulkan masalah.
- Klaim Asuransi Akibat Kesalahan Sendiri
Perusahaan dapat menolak beberapa asuransi karena kesalahannya sendiri, seperti bunuh diri, kecelakaan karena kelalaian dan kematian akibat kejahatan. Jadi saat mengajukan keluhan, pastikan kerusakan tersebut bukan kesalahan Anda atau terkait dengan tindakan ilegal.
- Jika batas waktu terlampaui
Kami harus mengirimkan produk pengganti dalam waktu tertentu sesuai ketentuan asuransi. Jika Anda tidak mengirimkan hingga batas waktu, klaim asuransi dapat ditolak.
- Asuransi tidak sah
Perlu diketahui bahwa asuransi hanya dapat diajukan jika asuransi tersebut masih berlaku. Jika, misalnya, asuransi tidak berlaku, misalnya karena pelanggan terlambat atau terlambat membayar, ada kemungkinan aplikasi asuransi akan ditolak.
Mendapatkan asuransi itu rumit dan sederhana. Jika Anda tidak berhati-hati, perusahaan asuransi mungkin tidak akan menerima klaim sehingga pelanggan tidak dapat menikmati uang muka yang biasa. Anda dapat mengikuti metode asuransi yang benar dan proses persetujuan sederhana yang dijelaskan di atas agar klaim Anda disetujui.
Baca juga artikel mengenal asuransi properti !