Mengenal Asuransi Properti

Membeli apartemen memang tidak mudah, apalagi sekarang harga rumah sedang naik tajam. Membeli rumah idaman membutuhkan banyak uang. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika properti merupakan aset berharga yang harus dijaga. Salah satu cara untuk melindungi harta benda adalah dengan mengambil asuransi, dengan nama asuransi properti.

(Source : finansialku)

Apa itu asuransi properti?

Seperti namanya, polis ini menawarkan perlindungan terhadap berbagai jenis aset. Mengingat harga belinya membutuhkan dana yang sangat besar, sangat disarankan untuk melindungi properti Anda dengan asuransi. Asuransi properti menawarkan berbagai perlindungan untuk properti, termasuk rumah Anda.

Asuransi harta benda sama dengan jenis asuransi lainnya.  Selain itu, bukti pembayaran ganti rugi dirujuk untuk properti yang rusak dan dilindungi, perusahaan asuransi membayar ganti rugi sesuai dengan kedua perjanjian (perjanjian antara klien dan penanggung).

Jenis-Jenis Asuransi Properti

Tertarik menggunakan asuransi ini? Ada baiknya mengenal dua jenis berikut ini terlebih dahulu.

  • Asuransi Properti rumah

Dengan adanya asuransi ini, resiko dan kerugian keuangan yang timbul atas rumah susun dialihkan kepada perusahaan asuransi. Kerugian finansial adalah kerusakan rumah, misalnya karena kebakaran atau bencana alam. Yang lebih menarik lagi, kini banyak polis asuransi rumah yang melindungi risiko kecelakaan yang mungkin terjadi di dalam rumah selain kondisi fisik rumah. Pertanggungan ini juga dapat melindungi Anda dari tuntutan hokum jika seseorang terluka dalam suatu kecelakaan di rumah Anda.

  • Asuransi Properti Usaha

Asuransi ini memberikan perlindungan yang hampir sama dengan sebelumnya, hanya saja dirancang khusus untuk kelangsungan usaha.

Dalam asuransi properti komersial khususnya, ada tiga unsur yang harus diungkapkan oleh pemilik bisnis agar penanggung dapat menentukan biaya pertanggungan gangguan, termasuk:

  • Jumlah laba kotor dari bisnis yang rusak. Laba kotor ini diperoleh dengan menambahkan laba bersih ke biaya tetap perusahaan.
  • Biaya tetap atau biaya tetap dari bisnis, seperti upah karyawan, bunga pinjaman atau sewa gedung.
  • Biaya variabel atau biaya tetap seperti listrik, air dan gas. Jika dealer dapat memberikan informasi rinci, penanggung dapat menghitung pertanggungan. Fitur tambahan seperti tren ekonomi, periode pemulihan, dan faktor lain yang terkait dengan perlindungan gangguan bisnis juga harus dipertimbangkan.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Properti

Pasti ada keuntungan dan kerugian jika berbicara tentang asuransi ini.

Keunggulan

  • Rumah terlindungi
  • Biaya pembayaran rendah
  • Terjaganya nilai investasi properti
  • Kondisi keuangan stabil
  • Minimalisasi semua risiko dan bencana dalam real estate

Kelemahan

  • Dalam hal kehilangan premi asuransi, dana hilang
  • Keuntungan perusahaan asuransi diperoleh sebagian dari alat ¬†pembayaran
  • Membuat klaim jaminan terbatas Juga

Tiga cara memilih asuransi properti yang tepat.

  1. Jika Anda sudah memiliki asuransi jiwa atau mobil dari perusahaan A, Anda juga dapat mengambil asuransi rumah dari perusahaan A (jika ada). Hal ini membuat penyerahan lebih mudah. Selain itu, perusahaan asuransi rumah biasanya memberikan diskon menarik atau penawaran khusus kepada konsumen yang menggunakan lebih dari dua paket asuransi.
  2. Jika anggaran Anda terbatas, pilihlah perlindungan yang sesuai dengan kondisi lingkungan. Jika daerah Anda tidak berbukit atau bergunung atau jauh dari pantai, Anda mungkin tidak memerlukan perlindungan terhadap tanah longsor atau tsunami.
  3. Beberapa perusahaan asuransi rumah tidak mau mengasuransikan rumah kayu. Karena kayu itu bahan yang mudah terbakar. Persyaratan perumahan yang disarankan harus berupa batu bata atau bahan tahan api lainnya. Oleh karena itu, lantai parket juga merupakan pengecualian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *